Warta

Usai Ikuti Diklatsar, 2 Kader PAC GP Ansor Tlanakan Dikukuhkan Jadi Anggota Banser

NAWABINTANG.COM/PAMEKASAN – Dua kader terbaik Pimpinan Anak Cabang Gerakan Pemuda PAC GP Ansor Tlanakan berhasil dikukuhkan menjadi Anggota Barisan Ansor Serbaguna (Banser), usai mengikuti kegiatan pendidikan dan latihan dasar “Diklatsar Banser” di Yayasan Bustanul Ulum, Dusun Ghil Pangghil, Desa Sanah Tenga, Kecamatan Pasean, Pamekasan, Madura. Selasa (23/3/2021).

Dua kader terbaik PAC GP Ansor Tlanakan yang dikukuhkan menjadi Anggota Banser tersebut yaitu Zainal Arifin yang juga menjabat sebagai Kasatkoryon Banser PAC GP Ansor Tlanakan dan Dhenis Firmansyah yang menjabat sebagai Waka Satkoryon PAC GP Ansor Tlanakan.

Kasatkoryon Banser Tlanakan, Zainal Arifin, mengatakan, usai mengikuti kegiatan Diklatsar Banser sekitar 4 hari terhitung sejak hari Jum’at – Senin (19-22/3/2021) kemarin, dirinya bersama Waka Satkoryon PAC GP Ansor Tlanakan telah dikukuhkan menjadi Anggota Banser.

Menurutnya, mengikuti kegiatan Diklatsar Banser merupakan suatu kewajiban bagi dirinya. Sebab saat ini, dirinya dipercaya untuk menjabat sebagai Kepala satuan koordinasi rayon Banser PAC GP Ansor Kecamatan Tlanakan.

“Maka dari itu saya wajib mengikuti diklatsar ini karna tidak elok rasanya jika seorang Kepala Banser Tlanakan tapi masih belum ikut diklat banser dan Alhamdulillah saya dan Waka Satkoryon PAC GP Ansor Tlanakan telah dibaiat,” kata Zainal Arifin.

Lebih jauh, ia menuturkan, banyak hal yang ia peroleh dalam kegiatan tersebut diantaranya dilatih untuk menjadi kader Banser yang bisa bertanggung jawab, disiplin dan dilatih tentang kekeluargaan serta pengetahuan tentang kebanseran.

“Banser itu hampir sama seperti TNI-POLRI, hanya saja Banser tidak digaji. Dan Banser juga bisa disebut TNU (tentara nahdlatul ulama),” paparnya.

“Banser juga ada satuannya seperti BALANTAS yang mengatasi lalu lintas, BAGANA yang mengatasi bencana dan BARITIM yang mengatasi tentang kelautan,” imbuhnya.

Terpisah, Ketua PAC GP Ansor Tlanakan, Sutan Takdir Alisyabana berharap, semoga sahabat-sahabat yang telah mengikuti kegiatan Diklatsar Banser dan telah dikukuhkan sebagai Banser, bisa berperan aktif dalam memberikan keamanan terhadap ulama’.

“Mudah-mudahan keamanan dan kenyamanan para ulama’ dan Kiyai kedepan bisa semakin terjamin. Karena ini merupakan salah satu tanggung jawab Banser,” pungkasnya. (Mad).

Pewarta: jadid Editor Zainal

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

TERPOPULER

To Top