Warta

SMP Ma’arif 1 Pamekasan Salurkan Puluhan Paket Zakat Fitrah Kepada Masyarakat Kurang Mampu

Terrak (nb), Siswa-siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP) Ma’arif 1 Pamekasan, Desa Terrak, Kecamatan Tlanakan, Pamekasan, Madura menyalurkan zakat fitrah kepada masyarakat yang tergolong kurang mampu, Jum’at (07/05/2021).

Puluhan paket Zakat fitrah itu diantarkan ke rumah masing-masing penerima di wilayah Desa Terrak, Kecamatan Tlanakan, Pamekasan.

Zakat fitrah ini bersumber dari hasil penjualan produk-produk makanan Osis SMP Ma’arif 1 Pamekasan yang dijajakan kepada masyarakat selama bulan Ramadhan.

Kepala SMP Ma’arif 1 Pamekasan Makmun Abrori mengatakan, kegiatan bagi-bagi zakat fitrah tersebut merupakan salah satu agenda rutin Osis SMP Ma’arif 1 Pamekasan di bulan suci ramadhan. Menurutnya, zakat fitrah yang dikeluarkan tahun ini sebanyak 80 paket.

“Alhamdulillah kegiatan ini mendapatkan dukungan penuh baik dari yayasan dan semua guru SMP Ma’arif 1 pamekasan,” kata Makmun Abrori kepada jurnalis nawabintang.com.

Kendati demikian, mengeluarkan zakat fitrah merupakan suatu kewajiban bagi umat muslim yang mampu. Hal ini sesuai dengan firman Allah dalam S.Q Al Baqarah ayat 110 tentang perintah menunaikan zakat fitrah. Waktu pelaksanaannya selama bulan ramadhan atau sebelum idul Fitri.

“Kegiatan ini untuk melatih anak-anak agar mempuanyai kesalehan sosial, tidak hanya kesalehan individual,” paparnya.

Lebih lanjut, ia mengaku kegiatan ini mendapat respon positif dari masyarakat, bahkan tak jarang masyarakat yang menangis haru melihat kegigihan dan semangat juang siswa-siswi SMP Ma’arif 1 Pamekasan saat menyalurkan paket zakat.

“Penerima sangat merespon baik, bahkan ada yang menangis haru melihat anak-anak yang masih kecil sudah mempunyai kepdulian,”

Terpisah, Ketua Osis SMP Ma’arif 1 Pamekasan Tsaqila menyampaikan, sangat prihatin terhadap kondisi masyarakat di tengah pandemi Covid-19 ini. Pasalnya, ekonomi masyarakat saat ini mengalami kesulitan, sehingga butuh uluran tangan para donatur. Agar masyarakat sama-sama merasakan kebahagiaan.

“Kegiatan ini dilanjutkan dengan bagi bagi ta’jil dan diahkhiri buka bersama dengan pihak Yayasan, guru dan segenap pengurus osis SMP Ma’arif 1 Pamekasan,” pungkasnya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

TERPOPULER

To Top