Tlanakan (nb), Tim Kaderisasi Pengurus Anak Cabang Kecamatan Tlanakan Melakukan Pembentukan Zona di seluruh PR IPNU IPPNU Kecamatan Tlanakan. Sabtu (17/4/2021). Dimana semuanya terdapat 4 zona. Zona pertama yaitu zona barat meliputi Desa Mangar, Desa Bandaran, Desa Terrak, Desa Kramat dan Desa Dabuan.

Zona Kedua yaitu zona selatan meliputi Desa Ambat, Desa Tlanakan, Desa Gugul, Desa Branta Pesisir. Zona ketiga yaitu zona timur meliputi Branta tinggi, Larangan Tokol, Telasah. Dan Zona terakhir yaitu zona utara meliputi Desa Taroan, Desa Panglegur, Desa Larangan Slampar, Desa Bukek dan Desa Ceguk.

Acara pembentukan zona Ini dimulai dari zona barat bertepat dikediaman Rois Lailatul Qomariyah (Ketua PR IPPNU Mangar) mulai pukul 15.00 WIB hingga selesai. Kemudahan dilanjutkan dengan acara buka bersama.

Tampak hadir Ketua PAC IPNU-IPPNU Tlanakan dan jajarannya, PR. IPNU-IPPNU se-Kecamatan Tlanakan dan Senior IPNU (Rekan Imam).

Waka 2 Tim Kaderisasi Ilzam mengatakan, mekanisme acara ini yaitu dimulai dari pembukaan, istighasah bersama, sosialisasi, pembentukan zona. Kemudian ditutup dengan doa. Selepas acara tersebut dilanjutkan dengan foto bersama dan bincang-bincang sekaligus buka bersama.

“Adanya pembentukan zona ini untuk mempermudah jalinan komunikasi antara PR dan PAC IPNU-IPPNU Tlanakan. Karena dalam setiap zona ini ada pemdamping masing-masing. Tugasnya adalah untuk mempermudah dalam melaksanakan MAKESTA pengkaderan pertama di IPNU-IPPNU,” kata Izlam kepada Jurnalis nawabintang.com

“Agar kita tidak hanya mengurusi urusan PR IPNU-IPPNU saja, namun bagaimana kita bisa bekerjasama dengan baik sesama antara tetangga sebelah (antar PR),” imbuhnya.

Menurutnya, latar bekang terbentuknya zona yang pertama itu merupakan usulun dari senior yaitu rekan muwafiq. Sementara ikhtiar dari Ketua PAC IPNU-IPPNU Tlanakan berkeinginan untuk melaksanakan LAKMUD secara mandiri.

“Sedangkan pengkaderan MAKESTA ini kami langsung pasrahkan kepada PR IPNU IPPNU se-Kecamatan Tlanakan. Setelah kami diskusikan bersama tim kaderisasi pun muncul ide untuk membuat beberapa zona yang memuat dari beberapa PR didalamnya,” paparnya.

Terpisah, Ketua PAC IPPNU Tlanakan Rekanita Maufirotullaili mengatakan, tujuannya, supaya PR yang tidak bisa melaksanakan MAKESTA secara mandiri bisa dilaksanakan secara bekerja sama diberbagai PR tersebut melalui ZONA yang dibentuk.

“Harapannya dengan terbentuknya zona ini yaitu semakin erat konsolidasi antara pengurus IPNU-IPPNU se-Kecamatan Tlanakan, utamanya yang masuk dalam bagian zona tersebut,” jelas Rekanita Maufirotullaili.

“Apresiasi untuk bagian kaderasasi karena begitu semangat dalam pembentukan zona ini. Sebab dengan adanya pembagian zona juga dapat membentuk kerja tim organisasi dan komisariat dalam pembentukan PR yang belum terbentuk supaya pemetaannya lebih mudah.” pungkasnya.

Diketahui, pembentukan zona tersebut merupakan agenda perdana di bulan ramadhan dan belum pernah dilakukan oleh pengurus sebelum-sebelumnya.