Tlanakan (nb), Majelis Wakil Cabang (MWC) Nahdhatul Ulama (NU) Kecamatan Tlanakan, Pamekasan, Madura, Jawa Timur menggelar upacara hari ulang tahun (HUT) kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke 76, di Pantai Batu Tompang, Desa Baranta Tinggi, Tlanakan, Pamekasan.

Kali ini, upacara HUT Kemerdekaan RI ke 76, diikuti oleh seluruh Badan otonom (Banom) NU Se-kecamatan Tlanakan. Meliputi PAC Ansor Tlanakan, Ikatan Pelajar Nahdhatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Puteri Nahdhatul Ulama (IPPNU) Turut Hadir Anggota Ngormat Nusantara .

Moh. Wahyudi Inisiator ngormat nusantara merupakan inspektur Upacara ini, menyampaikan pemilihan pantai Batu Tumpang sebagai tempat pelaksanaan upacara untuk mengingatkan pemudai, lokasi tersebut, pada masa perjuangan merupakan salah satu lokasi pertempuran antara para pejuang dengan tentara penjajah yang masuk melalui pantai.

Di tempat itu, kata dia, para laskar Hizbullah dan Sabilillah mengadang penjajah yang datang melalui jalur laut. Dari perlawanan itu, tentara penjajah gagal masuk dan pindah ke Pantai Talang Siring.
Dan di pantai Talang Siring, mereka juga disambut dengan perlawanan rakyat, namun mereka berhasil masuk setelah datang bala bantuan dari Sumenep dan Surabaya.
Selain itu, kata dia, pelaksanaan upacara di pantai itu untuk mengingatkan akan pentingnya menjaga kelesrarian lingkungan kawasan pesisir.

“Sekarang tugas kami sebagai penerus perjuangan bangsa adalah merawat apa-apa yang diwariskan para pejuang, termasuk menjaga kelestarian lingkungan di kawasan pesisir,” katanya.
Ia mengatakan, ada anggapan bahwa merawat kelestarian lingkungan bukan bagian dari mengisi kemerdekaan. Padahal, kegiatan tersebut dimaksudkan untuk menjaga kelestarian wilayah yang pada masa perjuangan dipertahankan dengan pengorbanan para pahlawan. (tim ngormat)