Warta

Ikatan Guru TK Muslimat Gagas Penggunaan Barang Bekas untuk APE

TLANAKAN (NB)- Ikatan Guru TK Muslimat (IGTKM) NU Kecamatan Tlanakan, Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur, mendorong penggunaan barang tak terpakai atau barang bekas pakai untuk memproduksi Alat Permainan Edukatif.
Anggota Bidang Pendidikan Pimpinan Anak Cabang (PAC) Muslimat NU Tlanakan, Sitti Halimah, mengatakan kegiatan tersebut merupakan bagian dari Rencana Pengembangan Sekolah (RPS) di wilayahnya melalui program peningkatan kreatifitas dan produktifitas para tenaga pengajarnya.
“Di sekitar kita banyak barang-barang yang dianggap tidak berguna. Padahal jika diolah dengan baik, bisa dijadikan barang lain yang justeru memberi manfaat,” kata Halimah.
Salah satu contoh, jelas pembina Fatayat NU Tlanakan itu, kardus dan tutup botol bekas yang bisa dijadikan permainan tutup botol pintar.
Ia akan mendorong seluruh TK Muslimat di wilayahnya, menggunakan APE yang diproduksi sendiri dengan menggunakan barang-barang bekas pakai. Sebab, selain biayanya yang murah, manfaatnya bisa disesuaikan dengan kebutuhan di sekolah.
“Daripada harus mengeluarkan biaya untuk pengadaan APE, lebih baik memproduksi sendiri dengan menggunakan barang bekas pakai yang bisa didapat di lingkungan sekitar,” katanya. (Halimah)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

TERPOPULER

To Top