Warta

IHT di TK M NU III Gugul bersama Teman sejawat dan seperjuangan

In House Training yang disingkat IHT di laksanakan hari Rabu 24 maret 2021 di TK Muslimat NU III Desa Gugul Kecamatan Tlanakan bersama Koordinator Bid. Pendidikan Muslimat NU ANCAB Tlanakan Hannah Badri S.Pd.

Kegiatan IHT ini Merupakan pamungkas (tugas akhir) dari Diklat Kepala Sekolah jenjang TK secara Virtual yang di ikuti oleh kepala TK Muslimat NU III Gugul pada bulan maret tahun 2021

Sedangkan Tugas akhir yang berupa pelaksanaan RPS (Rencana Pengembangan sekolah) yang di programkan dengan kegiatan IHT ini harus sesuai dengan masalah utama yang ada di TK M NU III Desa Gugul kecamatan Tlanakan Pamekasan Madura.

Berdasarkan dari hasil Identifikasi masalah utama yang ada di TK M NU III Gugul yaitu pendidik atau Guru TK M NU III Gugul kurang mampu dalam hal penyusunan RPP (Rencana Program Pembelajaran), padahal ini sangat penting sekali, karena RPP merupakan alat atau seperangkat pembelajaran yang memang harus di miliki Guru.

Bagaimana Salhayatun (Bu sal) sebagai pimpinan lembaga di TK M NU III membuat Solusi dalam hal penyelesaian Masalah ini?

Berikut uraiannya:

Sekelumit tentang kondisi pendidik di TK M NU III gugul yang jumlahnya sangat minim sekali yaitu 2 Guru (Kelompok A dan Kelompok B) dan mungkin sudah setara dengan jumlah Siswanya (28 Siswa), Sedikitnya jumlah Guru dalam penyelesaian Masalah utama di TK M NU 3 ini Dosen Pembing Diklat kepala Sekolah jenjang TK Bapak Imam Sukamto memberi himbauan untuk solusinya cukup dengan mengadakan IHT (In House Training) tentang Penyusunan RPP yang inovatif dan Inspiratif khusus Guru di TK M NU III Gugul Tlanakan

Sebelum Pelaksanaan IHT berlangsung Kepala TK M NU III Salhayatun, S.Pd mengadakan musyawarah bersama Guru TK M NU III. Hadir pula dalam Musyawarah pra pelaksanaan IHT ini ketua yayasan Darus Salam K.Asy’ari yang di kenal dengan Ra Ari tentang Penentuan Nara Sumber IHT (In House Training)

Sepakat, dalam musyawaroh tersebut diputuskan bahwa Nara Sumber IHT ( In House Training) di TK M NU III gugul akan mengundang dari Koordinator Bidang Pendidikan Muslimat NU ANCAB Tlanakan Hannah Badri, S.Pd. yang berkompeten dan punya wawasan dalam hal menyusun RPP TK, kebetulan dia (Hannah Badri) masih teman sejawat Kami ( Guru TK M NU III) serta memang termasuk anggota dari beberapa Tim Penyusun Silabus (RPP) bersama Pengawas TK kecamatan Tlanakan Ibu Kholifatul Jannah, M.M
Pd dengan sapaan akrabnya Bu Kholif. Tepat sekali beliau Bu kholif meletakkan nama Kepala TK Al Ishlah Bandaran Hannah Badri pada bIdang Kurikulum TK di kepengurusan KKG (Kelompok kerja Guru) kecamatan Tlanakan masa bhakti masih berlaku.

Ada beberapa hal penting dari beberapa Materi yang telah disampaikan oleh Nara Sumber IHT ini yaitu tentang rambu-rambu penyusunan RPP yang harus di fahami Guru, antara lain: Guru harus memahami STPPA (Standart Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak), menyusun Materi yang sesuai dengan usia anak, memahami KD (Kompetensi Dasar) menyusun Promes (Program Semester), dikembangkan lagi menjadi RPPM (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan), dan yang terakhir yaitu menyusun RPPH (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian) dan semuanya harus sesuai dengan Tema,Sub tema dan Sub-sub tema serta mengacu pada Kurikulum Nasional TK.

Nara Sumber yang juga Mantan Bendahara IGTKM NU (Ikatan Guru TK Muslimat NU) Pamekasan memberi waktu kepada peserta IHT untuk melakukan praktek menyusun Materi TK sesuai dengan kelasnya masing- masing (Kelompok A dan Kelompok B)

” RPP harus di buat atau disusun sebelum proses Pembelajaran berlangsung serta harus inovatif agar pembelajaran dapat menarik minat Siswa untuk lebih semangat belajar karena RPP yang baik adalah yang Sistematis dan berkesinambungan ” pungkasnya.

Penulis: Qurrotul Faizah ( Guru TK MNU III gugul )
Ketua Fatayat NU ANCAB Tlanakan

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

TERPOPULER

To Top