Tlanakan (nb), Gerakan Pemuda GP Ansor Bukek, Tlanakan, Pamekasan, Madura, Jawa Timur mendistribusikan bantuan air bersih gratis ke sejumlah pondok pesantren di lingkungan kecamatan Tlanakan, Pamekasan. Pendistribusian air bersih gratis ini dilakukan sebagai upaya untuk menekan angka kekeringan di wilayah setempat pada saat musim kemarau.

Sejumlah pondok pesantren yang mendapat bantuan pendistribusian air bersih meliputi PP. An-Nuriyah Sumber Anyar (kediaman Rois MWC NU Tlanakan), PP. Matsaratul Huda Panempan, PP. Dakwatul Khairat Branta Tinggi, PP. Bahrul Huda Sumber Lancar.

Ketua GP Ansor Bukek, Taufik mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan atas inisiatif Banom NU Desa Bukek. Pendistribusian air bersih ini difokuskan di beberap pondok pesantren.

“Alhamdulillah, meskipun cuaca yang terjadi saat ini sangat panas, namun tidak menyurutkan semangat sahabat dan rekan rekanita IPNU-IPPNU Desa Bukek untuk menyampaikan amanah para donatur dalam giat “Distribusi Air Bersih Untuk Santri” kata Taufik, Minggu (29/8/2021).

“Dengan iringan doa semoga bantuan air bersih ini bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan para santri,” harapnya.

Terpisah, Tanfidiyah NU Bukek, KH. Mawardi, mengapresiasi atas upaya yang dilakukan oleh Banom NU Desa Bukek. Bahkan dirinya sangat bangga atas aksi sosial yang dilakukan oleh Banom NU Desa setempat.

“Mereka punya inisiatif dan mengamalkan amaliyah NU, bergerak, belajar dan mengabdi. Begitulah seharusnya pemuda dan pelajar hari in, selain belajar, pengabdian sangatlah penting dan perludi galakkan sejak dini,” pungkasnya.